Alasan Mengapa Ngeblog Penting



Blog pertama kali digunakan dengan istilah website oleh Justin Hall, seorang mahasiswa yang kemudian menjadi jurnalis di Amerika, dengan membuat website pribadi Justin’s Home Page pada Januari 1994, dan diubah menjadi links from underground yang memuat beberapa daftar link. Sosok Justin Hall diakui oleh New York Times Magazine, yang menjulukinya sebagai the founding father of personal blogging, pada Desember 2004.

Sebelumnya, yakni pada tahun 1993 pernah muncul nama Marc Andersen yang memperkenalkan Mosaic sebagai browser pertama sebelum ada internet eksplorer atau nestcape. Marc Andersen juga membuat Whats New pada browse Mosaic.

Pada 17 Desember 1997, Jorn Barger untuk pertama kali menggunakan dan memperkenalkan istilah weblog untuk website pribadinya Robot Wisdom, yang berisi koleksi link website. Satu tahun berikutnya, yakni pada tahun 1998 Peter Merholtz membuat Diary Online dengan alamat blog-nya open diary yang sukses mejadikan blog lebih populer, sekaligus dianggap berkontribusi besar dalam sejarah perkembangan blog.

Popularitas blog berada di puncak ketika Pyra Labs yang dikomandoi oleh Evan Williams dan Meg Hourihan, menghadirkan platform blogger pada Juli 1999, yang kemudian diikuti oleh penyedia blog gratis lainnya yang terus bermunculan hingga kini, seperti wordpress.

Blogger sebagai platform pertama blog, akhirnya diakuisisi oleh google akhir tahun 2002. Hingga kini blog tetap bertahan, meski sebelumnya sempat diprediksi blog akan ditinggalkan oleh para penggunanya setelah kehadiran media sosial seperti facebook, twitter, dan lain-lain. Bahkan, banyak media online tumbuh subur  yang menggunakan blog sebagai basis pembuatan portal atau website beritanya, dengan custom domain.

Di Indonesia, pada tahun 200I, Enda Nasution adalah sosok yang disebut-sebut pertama kali memperkenalkan blog melalui artikel Apa Itu Blog? Berkat tulisan tersebut dan usahanya untuk terus memperkenalkan Indonesia melalui blog, Enda bahkan dijuluki sebagai Bapak Blogger Indonesia, oleh beberapa media, salah satunya adalah The Jakarta Post.

Pada 27 Oktober 2007, Enda Nasutin memprakarsai Pesta Blogger bersama para blogger nasional lainnya dalam rangka mengumpulkan seluruh blogger Indonesia untuk bertukar pikiran dan berbagi pengalaman, acara tersebut didukung oleh Maverick, sebuah perusahaan konsultan komunikasi. Pertemuan para blogger dalam Pesta Blogger tanggal 27 Oktober tersebut hingga saat ini diperingati sebagai Hari Blogger Nasional.

Mengapa ‘Ngeblog’ Penting?

Ada banyak alasan untuk menyatakan ngeblog itu penting, terutama bagi mereka yang hobi dan memiliki passion sebagai penulis. Selain blog bisa menjadi diari atau catatan harian yang ramah lingkungan dibandingkan catatan harian di buku, praktis dan bisa diakses di mana saja, blog juga bisa menjadi media untuk memperkenalkan dan menyosialisasikan gagasan, cerita dan catatan kita kepada khalayak. Jika disusun, paling tidak dalam catatan saya, pentingnya ngeblog itu bisa diuraikan sebagai berikut: Pertama, blog bisa menjadi media berlatih untuk menulis. Saya selalu meyakini bahwa kepiawaian menulis itu tidak dihasilkan dari banyaknya teori yang dihafal, melainkan dari praktik atau berlatih menulis terus menerus, tentu saja juga dengan tetap membaca, sebagai ikhtiar menambah wawasan dan kosa kata. Sebagai penulis pemula, penting media untuk mempublikasikan tulisannya, terlebih ketika media-media lain belum mau menerima tulisan atau dia sendiri belum memiliki kepercayaan diri penuh untuk mengirimkan tulisan ke media.

Kedua, manfaat minimalis seperti sebagai diari, blog juga bisa dimanfaatkan menjadi wadah siliturahim gagasan, bersama para blogger lain, sarana berdiskusi, saling mengunjungi dan mengomentari blog, tak sungkan bertanya, meminta saran untuk meningkatkan konten, tampilan atau hal-hal lain terkait tulisan maupun blognya.

Ketiga, ketika sudah menekuni dunia blogger, telah piawai menulis dan tampilan telah dianggap patut dan marketable, tak ada salahnya jika menjadikan blog untuk mencari uang, bisa dengan cara kerja sama atau mereview produk, jasa atau meresensi buku, bisa juga menyediakan ruang iklan bagi mereka yang mau mempromosikan usahanya. Untuk iklan promosi, biasanya pihak perusahaan tertarik untuk blog-blog yang telah memiliki pengunjung ribuan hingga puluhan ribu perhari.

Selain kerja sama tersebut di atas, blog juga diikutkan dalam adsense, layanan iklan otomatis yang disediakan googleadsense.

So, sebagaimana sejarah awal blog sebagai website pribadi yang memuat catatan atau koleksi penting, maka blog sudah sepatutnya bisa menjadi media branding personal yang memperkenalkan diri dan gagasan pemiliknya.


Rahmatul Ummah
Pemilik Blog Omah1001.com


Tulisan ini dihimpun dan diolah dari berbagai sumber:


0 Response to "Alasan Mengapa Ngeblog Penting"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel