Perpustakaan Lafran Pane Hanya Memiliki 16 Buku HMI


Kantuk telah hilang berganti rasa haru, perjalanan dari Humbang Hasundutan telah tiba di Sipirok, kota tempat lahirnya Lafran Pane, pendiri HMI. Kuperhatikan kondisi kota ini dengan baik meski agak sulit karena saya dan teman-teman tiba pukul 20.55 WIB tepat di depan gedung Perpustakaan Daerah Prof. Lafran Pane.

Setelah makan malam sop kaki sapi di rumah makan Siang-Malam, kamipun mengunjungi perpustakaan tersebut yang masih terang benderang.

Rupanya teman-teman telah koordinasi dgn Pemkab Tapanuli Selatan (Tapsel) sehingga pegawai Perpustakaan Daerah tetap buka sampai larut malam.

Perpustakaan tersebut dibangun Pemkab. Tapsel. dan diberi nama Prof. Lafran Pane untuk mengenang kepahlawanan pendiri HMI.

Iya, tanggal 10 November 2017 Pemerintah Indonesia menganugerahi gelar Pahlawan Nasional untuk Prof. Lafran Pane. Perpustakaan Prof. Lafran Pane diresmikan tanggal 5 Februari 2018.

Gedung dua lantai sengaja dibangun berdekatan dengan rumah tempat lahir dan masa kecil Lafran Pane, tak sampai 100 meter jaraknya. Ini menunjukkan tingginya penghormatan Pemkab. terhadap Lafran Pane. Ada 52 kategori buku dengan total buku sekira 5.000. Berbagai macam buku ada, tiba-tiba terlintas tanya, dimana buku-buku tentang HMI?.

Dengan antusias saya tanya petugas perpustakaan, "Bu, dimana yah buku-buku tentang HMI dan Lafran Pane?."

Teringat saya dengan Kanda Agussalim Sitompul, Victor Tanya, Cak Nur.
"Tidak ada tempat khusus Pak, ada beberapa buku-buku HMI, nanti Pak di bawah bisa kita lihat." jawabnya. Saya lihat dua staf bergegas ke bawah, sepertinya untuk cek buku-buku HMI. Setelah puas melihat lantai atas, kami kembali ke lantai bawah dan telah ada satu tumpukan buku. Terpaku saya memandang satu tumpukan buku. Tak lama ada staf perpustakaan mengantarkan 3 buku, "Ini Pak buku tentang Lafran Pane".

Saya hitung total hanya 16 buku tentang HMI termasuk buku tentang Lafran Pane.
Saya meyakini buku-buku tentang HMI dan Lafran Pane lebih 100 judul. 16 buku tersebut adalah buku-buku lama yang pernah saya baca saat aktif di HMI tahun 1994-2000.

Satu per satu buku tersebut saya lihat dengan seksama dan hatiku bertanya, "Mungkinkah perpustakaan Lafran Pane tahun ini bisa mendapat buku ke-hmi-an dengan lengkap dari Keluarga Besar HMI?".

Dan rasa kopi Sipirok di Warkop Dian yg berdiri sejak 30-an tahun lalu sebelah Perpustakaan Lafran Pane masih sama seperti kopi lainnya... pahit.


Sipirok, 22 Agustus 2019, Pukul 08.30 WIB.

Viryan

0 Response to "Perpustakaan Lafran Pane Hanya Memiliki 16 Buku HMI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel